Ungkap Manfaat Kefir untuk Kesehatan Berikut Ini

beragam manfaat kefir untuk kesehatan tubuh

Sudah pernah mendengar kefir? Secara kasat mata, kefir serupa dengan tekstur yogurt, namun kurang populer dan masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat kefir untuk kesehatan ini. Kefir adalah sejenis minuman fermentasi yang mengandung probiotik, bahkan dikatakan bahwa kandungan probiotik di dalamnya lebih baik jika dibandingkan dengan yogurt.

Kata kefir diambil dari bahasa Turki yang memiliki arti ‘merasa baik‘. Bukan tanpa alasan, masyarakat lokal setempat merasakan tubuhnya lebih baik setelah mengonsumsi kefir ini. 

Biji kefir terbuat dari campuran bakteri baik dengan ragi, lalu diolah dengan susu kambing maupun sapi, baru dapat dikonsumsi. Ada banyak sekali manfaat kefir untuk kesehatan, di antaranya:

  • Diyakini efektif membantu menurunkan berat badan

Kefir merupakan salah satu asupan yang direkomendasikan bagi individu yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan pada hewan uji. Penelitian tersebut menghasilkan fakta bahwa tikus obesitas secara efektif turun berat badannya setelah mengonsumsi kefir.

Walaupun begitu, memang penelitian ini masih membutuhkan riset lanjutan lainnya untuk mengonfirmasi manfaat kefir untuk menurunkan berat badan manusia.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Sebagai salah satu sumber probiotik, kefir dipercaya dapat menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus. Atas alasan tersebut, manfaat kefir juga dipercaya berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kefir juga diyakini mampu mengatasi permasalahan pencernaan, seperti infeksi H. pylori, irritable bowel syndrome (IBS), dan lainnya.

  • Mampu menurunkan kolesterol jahat

Manfaat kefir yang lainnya, yaitu dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian yang membagi partisipannya untuk meminum 2 porsi susu rendah lemak per hari, 4 porsi susu rendah lemak per hari, dan 4 porsi kefir per hari, memberikan hasil bahwa partisipan yang mengonsumsi kefir secara rutin mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL).

Hal ini didukung oleh kandungan probiotik yang terkandung di dalam kefir. Kandungan tersebut diyakini mampu mengontrol jumlah kolesterol yang dicerna tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

  • Kaya akan nutrisi baik

Segala manfaat kefir untuk kesehatan datang dari kandungan nutrisinya yang baik. Dalam segelas kefir atau setara dengan 175 mililiter kefir rendah lemak, terdapat berbagai nutrisi baik, seperti:

  • Protein, 4 gram
  • Kalsium, 10% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Fosfor, 15% dari RAH
  • Vitamin B12, 12% dari RAH
  • Riboflavin atau vitamin B2, 10% dari RAH
  • Magnesium, 3% dari RAH

Di samping nutrisi yang telah disebutkan, kefir juga mengandung vitamin D, mineral, dan probiotik yang mampu mengoptimalkan kesehatan sistem pencernaan. 

Namun, di satu sisi, kefir mengandung lemak, karbohidrat, dan kalori yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh Anda. Hal ini tergantung pada kadar jenis susu yang digunakan untuk mengolah kefir tersebut.

  • Menyeimbangkan gula darah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015, menyebutkan bahwa para ahli meneliti perbedaan kefir dan susu fermentasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar keseimbangan gula darah pada pasien diabetes. Dari riset tersebut, ditemukan hasil bahwa kefir mampu menurunkan lebih banyak gula darah jika dibanding dengan susu fermentasi umum yang ada di pasaran.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>