Rogaine, Obat Penumbuh Jambang dan Efek Sampingnya

Obat penumbuh jambang mungkin lagi banyak dicari-cari oleh para lelaki untuk menumbuhkan rambut wajahnya. Nah, salah satu obat penumbuh jambang yang terkenal adalah Rogaine (minoksidil) untuk membantu pertumbuhan jambang. Seberapa ampuh sih obat ini untuk menumbuhkan jambang? Apakah ada efek sampingnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Mengenal Rogaine

Rogaine merupakan salah satu obat yang terkenal untuk menumbuhkan kembali rambut kulit kepala. Obat ini dapat diperoleh secara bebas tanpa resep dengan harga yang terjangkau. Namun, Food and Drug Administration (FDA) hanya menyetujui obat ini untuk perawatan bagian tertentu dari kulit kepala Anda yang disebut verteks, yang berada di atas kepala dan tidak menyetujui penggunaannya sebagai obat penumbuh jambang. Hanya saja, banyak orang yang masih menganggap obat ini layak dicoba untuk menumbuhkan rambut di wajah.

Rogaine, obat penumbuh jambang

Secara alami, jambang akan semakin jarang tumbuh seiring bertambahnya usia. Faktor lainnya yang juga berpengaruh, seperti infeksi jamur atau gangguan autoimun, yang dapat mempersulit pertumbuhan jambang yang Anda inginkan.

Untuk memahami bagaimana Rogaine bekerja untuk menumbuhkan rambut, ada baiknya mengetahui siklus pertumbuhan rambut di dalam tubuh, yaitu:

  1. Sel-sel protein di folikel rambut Anda mulai berkembang menjadi rambut.
  2. Pembuluh darah di sekitar folikel mengisi sel-sel protein dan membantu pertumbuhan rambut yang lebih panjang.
  3. Saat rambut tumbuh, ia pun akan keluar dari kulit dan dilumasi oleh kelenjar minyak di kulit Anda.
  4. Seiring waktu, rambut rontok dari folikel dan siklus pertumbuhan rambut dimulai lagi.

Untuk rambut kulit kepala, siklus ini membutuhkan waktu bertahun-tahun, sedangkan rambut janggut dan rambut lain di tubuh Anda, seperti alis, siklus ini paling lama hanya berlangsung beberapa bulan.

Fungsi utama Rogaine adalah vasodilatasi. Artinya, obat ini melebarkan pembuluh darah dan membuat folikel lebih besar untuk menutrisi pertumbuhan rambut. Rambut akan rontok lebih lambat dari sebelumnya, sehingga pertumbuhan rambut di wajah terlihat lebih tebal. Selain itu, karena pembuluh darah di wajah lebih besar daripada di kulit kepala, orang-orang mengklaim obat penumbuh jambang ini bekerja lebih baik dan lebih cepat.

Siapa yang bisa menggunakannya?

Rogaine aman digunakan oleh kebanyakan orang. Namun, jika Anda merasa khawatir karena berada dalam kondisi berikut, maka bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

  • Minum obat hipertensi.
  • Mengalami kerusakan organ.
  • Memiliki penyakit pheochromocytoma.
  • Masalah pada jantung, seperti takikardia atau riwayat gagal jantung.

Seberapa efektif obat penumbuh jambang ini?

Mungkin masih sedikit bukti bahwa Rogaine (minoksidil) berfungsi untuk menumbuhkan janggut. Hanya satu studi yang menguji minoksidil untuk jambang, yaitu sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, bahwa lotion minoksidil memiliki kinerja yang sedikit lebih baik daripada plasebo. Sayangnya, satu studi saja tidak cukup untuk membuktikan keefektifan Rogaine sebagai obat penumbuh jambang.

Efek samping Rogaine

Efek samping pemakaian Rogaine untuk jambang yang mungkin bisa terjadi adalah:

  • Kemerahan atau iritasi kulit wajah.
  • Rambut tumbuh di area yang tidak diduga, seperti di bawah leher atau punggung.
  • Warna atau tekstur rambut berubah.
  • Menyebabkan iritasi jika mengenai mata. Segera bilas jika ini terjadi.

Rogaine juga bisa menimbulkan efek samping yang lebih parah meskipun jarang terjadi, karena bekerja sebagai vasodilatasi. Hal ini mungkin terjadi jika Anda menggunakannya untuk jangka waktu yang lama, meliputi:

  • Menurunnya gairah seksual.
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.
  • Pusing.
  • Kaki atau tangan bengkak.
  • Sakit di dada.

Cara menggunakan Rogaine di kulit wajah

Merujuk pada penelitian yang diterbitkan oleh Drug Design, Development, and Therapy, langkah-langkah mengaplikasikan minoksidil adalah berikut:

  1. Gunakan Rogaine atau obat generik yang setara dengan konsentrasi minoksidil 3%.
  2. Oleskan sedikit larutan minoksidil ke janggut Anda.
  3. Lakukan sebanyak dua kali sehari selama setidaknya 16 minggu.

Anda bisa mengambil foto sebelum dan sesudah pemakaian untuk membantu memverifikasi apakah ada pertumbuhan jambang yang nyata. Ingatlah bahwa obat penumbuh jambang ini dapat memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap individu. Hentikan pemakaian bila Anda mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>