Manfaat yang Akan Anda Rasakan Setelah Melakukan Digital Detox

Kini, bermedia sosial sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Media sosial mejadi wadah untuk bersosialisasi, media hiburan, sumber informasi, sekaligus ladang berbisnis. 

digital detox

Kemudahan mengakses media sosial bisa membuat kecanduan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada saat inilah pentingnya melakukan digital detox.

Digital detox merupakan ungkapan untuk menghentikan aktivitas melihat perangkat digital dalam waktu tertentu. Digital detox bisa berupa puasa media sosial, menonton televisi, atau banyak lainnya.

Alasan melakukan digital detox

Menggunakan perangkat digital secara berlebihan dapat mengurangi keintiman suatu hubungan sosial. Bahkan menurut penelitian, kecanduan media sosial tidak baik bagi kesehatan mental.

Beberapa alasan Anda melakukan detoksifikasi digital antara lain:

  • Merasa cemas bahkan stres ketika handphone tidak berada di sekitar Anda
  • Menjadi lebih sering mengecek handphone
  • Merasa tertekan, marah, sedih, atau perasaan negatif lainnya setelah menghabiskan waktu bermedia sosial
  • Terpengaruh oleh jumlah suka, komentar, dan pengikut di media sosial
  • Handphone menjadi barang pertama yang dicari saat bangung tidur di pagi hari

Manfaat puasa bermain gadget

Detoksifikasi digital bertujuan untuk fokus terhadap interaksi sosial yang nyata tanpa gangguan perangkat lunak. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapat setelah melakukan detoks digital.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan digital detox antara lain:

  1. Mengurangi depresi dan kecemasan

Menurut penelitian, mendapatkan notifikasi dari orang yang disayang terbukti memiliki sensasi yang sama dengan jatuh cinta. Namun, mendapatkan notifikasi yang berkaitan dengan pekerjaan dapat memperburuk suasana hati.

Depresi dan kecemasan juga dapat dipicu melalui konten-konten media sosial. Melihat informasi tidak menyenangkan di televisi juga dapat memicu perasaan tidak mengenakkan.

Dengan menjauhkan diri dari media sosial, Anda bisa menata kembali perasaan Anda. Tak ada lagi hal-hal yang memicu perasaan cemas maupun depresi. 

  1. Meningkatkan kehangatan dalam hubungan sosial yang nyata

Alih-alih menatap mata lawan bicara ketika sedang berhadapan, Anda justru terpaku pada konten humor di salah satu akun media sosial. Hal ini membuktikan ponsel dan media sosial dapat membuat hubungan sosial di kehidupan nyata menjadi renggang. 

Kecanduan perangkat digital juga dapat menjadi ancaman serius bagi hubungan percintaan Anda. Menurut penelitian yang dilansir dari Forbes, 3 dari 5 orang mengaku lebih banyak menghabiskan waktu bersama gadget dibanding pasangan mereka.

Pasangan dan orang-orang disekitar Anda akan merasa diabaikan, dan hal itu sangat menjengkelkan. 

Membatasi bermain ponsel saat berbicara akan memperkuat hubungan sosial, serta membuat Anda menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang yang Anda sayangi.

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

Tak jarang pikiran untuk mengecek berita terbaru melalui media sosial dapat muncul di tengah-tengah pekerjaan Anda. Hal ini dapat membuat Anda tidak fokus dan bisa berakibat ke pekerjaan yang menumpuk.

Puasa gadget dapat membuat Anda menjadi lebih fokus dan meningkatkan produktivitas kerja.

  1. Mendukung gaya hidup yang lebih aktif

Scrolling media sosial di hari minggu memang sangat menyenangkan. Namun jangan sampai kegiatan ini berlanjut hingga hari-hari berikutnya. Kemajuan digital dan media sosial terbukti menurunkan aktivitas fisik terutama pada anak-anak. 

Membatasi akses bermain gadget dapat mendukung gaya hidup yang lebih aktif. Bagi para orang tua harus memberi contoh terlebih dahulu untuk membimbing anak Anda. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bermain gadget sebelum tidur dapat memicu insomnia dan mengurangi kualitas tidur. Hal ini disebabkan sinar biru yang terpancar dari handphone. Selain ponsel, menonton tv atau bermain komputer juga dapat mengakibatkan efek yang sama.

Paparan sinar biru membuat tubuh berpikir bahwa belum waktunya Anda beristirahat. Hal ini menyebabkan Anda terus terjaga walau sudah berusaha sekeras apapun untuk tidur.

Untuk mengatasinya, batasi penggunaan perangkat digital dua jam sebelum tidur dan jauhkan gadget dari jangkauan Anda.

Setelah mengetahui lima manfaat di atas, rasanya tidak ada alasan untuk tidak mencoba digital detox. Melakukan digital detox mungkin cukup sulit dilakukan. Sebaiknya, lakukan secara perlahan dan konsisten.  

Anda juga bisa meminta bantuan keluarga, pasangan, teman, bahkan rekan kerja untuk mendukung detoksifikasi Anda. Setelah detoksifikasi digital berhasil, Anda akan lebih memahami bagaimana seharusnya fungsi dan hubungan Anda dengan perangkat Anda. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>