Manfaat Saffron Berdasarkan Penelitian

Saffron adalah rempah dari bunga Crocus sativus, yang merupakan sepupu dari bunga lily. Saffron adalah rempah dengan aroma yang kuat dan warna yang khas dan banyak manfaat saffron bagi kesehatan. Bumbu ini juga kaya akan antioksidan, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Untuk menghasilkan saffron, stigma (bagian dari bunga, yang menangkap serbuk sari) harus dipilih dengan teliti, dipotong dari gaya putih dan kemudian dengan hati-hati diletakkan di atas saringan dan di asap di atas panas untuk memperdalam rasa.

Selain menjadi bumbu yang paling mahal, terdapat banyak manfaat dari saffron, yang membuatnya lebih istimewa. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari saffron:

  • Memberikan antioksidan

Saffron selalu dihubungkan dengan tingginya tingkat antioksidan spesifik yang dimiliki. 

Menurut studi, antioksidan aktif utama meliputi crocin, picrocrocin, dan safranal. Senyawa lain termasuk kaempferol dan crocetin. Antioksidan ini membantu melawan stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh.

Karena stres oksidatif dan radikal bebas berperan dalam pengembangan berbagai kondisi kesehatan, termasuk kanker dan penyakit jantung, antioksidan seperti ini dapat membantu melindungi kesehatan Anda.

  • Mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi.

Penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat membantu mengobati gejala PMS. Mencium saffron selama 20 menit membantu Anda mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Saffron adalah bumbu kuat yang tinggi antioksidan. Hal ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti peningkatan mood, libido, dan fungsi seksual, serta mengurangi gejala PMS dan peningkatan penurunan berat badan.

Saffron telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial lainnya, seperti peningkatan resiko penyakit jantung, kadar gula darah, penglihatan, dan memori.  Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan yang lebih kuat mengenai manfaat-manfaat tersebut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>