Begini Trik Agar Manicure dan Pedicure bertahan Lama

Perawatan untuk kecantikan, khususnya bagi perempuan kurang lengkap dilakukan jika tanpa melakukan manicure dan pedicure. Dua jenis perawatan yang diperuntukkan bagi kuku tangan dan kaki agar kesehatan tetap terjaga dan semakin tampil menawan atau lebih cantik ketimbang sebelumnya, di samping banyak manfaat yang didapat dari perawatan ini.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa dipilih untuk melakukan kedua perawatan ini, seseorang yang ingin melakukannya tinggal memilih jenis mana yang ingin dilakukan. Perlu diketahui bahwa perawatan ini dapat bertahan lama meskipun seseorang jarang melakukannya. Namun, untuk mendapatkannya diperlukan beberapa trik khusus.

Trik Manicure dan Pedicure Tahan Lama

  1. Merawat Kutikula

Kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang ketika akan melakukan perawatan untuk kuku tangan dan kaki ini adalah menghilangkan kutikula. Padahal, fungsi dari kutikula adalah sebagai penghalang yang berfungsi melindungi kulit dari infeksi.

  • Perthatikan Bagian Bawah Kuku

Ketika melakukan kedua perawatan ini jangan hanya terpaku pada bagian yang terlihat, perhatikan juga bagian bawah kuku. Bagian bawah kuku ini perlu dipastikan selalu dalam keadaan bersih, tujuannya adalah agar bakteri tidak muncul dan terbentuk di bagian tersebut.

  • Lembapkan

Gunakan minyak kutikula secara rutin agar membuat kuku tangan dan kaki tetap berada dalam keadaan yang lembap dan lembut. Manfaat lain dari minyak kutikula juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan pada cat kuku yang sebelumnya digunakan.

  • Gunakan Lapisan Dasar

Tujuan digunakannya lapisan dasar ketika melakukan perawatan ini adalah membantu mencegah kuku terkena noda. Cara melakukannya juga sangat mudah, hanya perlu mengaplikasikan satu lapisan dan tunggu setidaknya selama satu menit sebelum menggunakan warna lain.

  • Lapisi Bagian Atas

Lapisan atas mampu digunakan untuk menyegel warna dan membuat perawatan semakin terlihat lebih bersinar dan berkilau. Namun, perlu diingat bahwa sebelum melapisi warna cat kuku, usahakan agar menunggu selama satu menit.

  • Hindari Panas

Sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang panas, seperti hair dryer atau oven setelah selesai melakukan perawatan. Perlu diketahui bahwa cat kuku membutuhkan waktu setidaknya selama 12 jam untuk memastikannya benar-benar kering.

  • Jauhi Wewangian

Wewangian daam bentuk apa saja, misal itu lotion atau produk yang mengandung wewangian sintetis bisa membuat cat kuku retak. Seseorang perlu memastikan produk yang tidak mengandung wewangian untuk menjaga perawatan yang dilakukan bertahan lama.

  • Jangka Waktu Pendek

Sangat diperlukan kehati-hatian dalam melakukan perawatan jenis gel, seseorang paling lama hanya diperblehkan menggunakannya selama dua minggu. Lebih dari waktu tersebut, lapisan kuku dan kutikula justru bisa menjadi rusak, serta meningkatkan risiko terkena infeksi.

Hal lain yang perlu diperhatikan bagi perempuan yang melakukan perawatan ini adalah mengantisipasi alergi pasca manicure yang mungkin muncul. Terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa beberapa perempuan mengalami alergi pasca perawatan.

Apabila merasakan panas disertai ruam merah atau gatal di sekitar kuku setela melakukan perawatan, jangan didiamkan. Bisa jadi keadaan yang muncul ini dikarenakan adanya alergi terpaan dari beberapa bahan kimia yang dipakai saat perawatan.

Menjaga kondisi kuku setelah perawatan sangat penting, akan tetapi lebih penting untuk menjaga kesehatan dari kuku tersebut. Sangat perlu untuk menghindari keadaan yang buruk, jangan sampai membiarkan tanda-tanda tidak sehat yang dikirimkan kuku dan kuli di sekitarnya menjadi lebih parah, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk segera mendapat perawatan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>