9 Manfaat Keju Parmesan Bagi Kesehatan

Dalam berbagai hidangan, keju kerap ditemukan sebagai bahan tambahan. Keju memiliki rasa yang nikmat sehingga disukai banyak orang. Jenis keju sendiri cukup beragam dan berbeda-beda, salah satunya adalah keju parmesan. Tekstur dari keju parmesan biasanya keras dan seperti berpasir. Keju parmesan sendiri dikenal dengan nama Parmigiano-Reggiano. Rasa dari keju parmesan cenderung asin dan sedikit bercita rasa seperti kacang. Manfaat keju parmesan bagi kesehatan cukup banyak sehingga baik untuk mengonsumsinya. Berikut ini merupakan 9 manfaat tersebut. 

keju parmesan
  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat keju parmesan yang pertama adalah meningkatkan imunitas. Dalam keju parmesan terdapat kandungan vitamin A yang akan membantu meningkatkan imunitas tubuh. Anda dapat mengonsumsi keju parmesan sebagai tambahan taburan pada salad, sup, atau pasta. 

  1. Cocok untuk penderita intoleransi laktosa

Pada proses pembuatan keju parmesan, susu sapi segar tidak melewati pasteurisasi. Pembuatan dilakukan selama 25 hari, kemudian perlu dimatangkan dengan disimpan selama 12 bulan lamanya sehingga bakteri dapat terbunuh. Dengan proses tersebut maka keju parmesan menjadi rendah kandungan laktosanya.  

  1. Meningkatkan fungsi penglihatan

Kandungan vitamin A yang tinggi pada keju parmesan bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Kandungan zinc-nya akan membantu mengurangi risiko terkena makula (kondisi gangguan penglihatan pada usia lansia). 

  1. Baik bagi pencernaan 

Manfaat keju parmesan lainnya berhubungan dengan pencernaan. Keju parmesan dikemas dengan nutrisi dan probiotik yang terkait dengan bakteri baik pada usus besar. Mengonsumsi keju parmesan sangat baik bagi pencernaan. 

  1. Mengurangi risiko diabetes

Risiko terkena penyakit diabetes, terutama tipe 2, akan menurun jika Anda mengonsumsi keju parmesan secara teratur. Kandungan gizi di dalamnya akan membuat meningkatnya produksi insulin di dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah pun menurun dengan sendirinya. 

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan vitamin D bersama dengan kalsium dalam keju parmesan akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tingkat pH pada plak gigi akan meningkat apabila mengonsumsi keju parmesan. Peningkatan pH tersebut berguna untuk mencegah gigi berlubang. 

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat keju  parmesan yang lain yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan vitaman B2 pada keju parmesan dapat membantu regenerasi sel yang rusak.  Secara khusus, telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa keju parmesan dapat mencegah terjadinya kanker hati. 

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Untuk para penderita insomnia, tentu kualitas tidur menjadi sangat rendah. Mengonsumsi keju parmesan bisa membantu memperbaiki kualitas tidur, lho. Terdapat kandungan tryptophan di dalam keju parmesan yang membantu proses pembuatan niacin, serotonin, dan melatonin. Seratonin dan melatonin ini dapat mengurangi stres, membuat mood menjadi lebih bahagia, dan membantu seseorang menjadi rileks sehingga tidur menjadi berkualitas. 

  1. Baik bagi kesehatan otak 

Vitamin B12 atau cobalamin berperan penting pada fungsi otak. Sistem saraf terutama pada otak akan terbantu untuk tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, vitamin B akan membantu kinerja neurotransmiter untuk menyampaikan pesan antarsel. 

Meski baik bagi kesehatan, konsumsi keju parmesan tetap harus dibatasi. Risiko berupa batu ginjal, stroke, osteoporosis, jantung, serta tekanan darah tinggi bisa muncul apabila Anda mengonsumsi keju parmesan dengan berlebihan sebab tingginnya kandungan natrium di dalamnya. Khusus bagi penderita intoleransi laktosa, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi kesehatan SehatQ guna menghindari risiko yang mungkin muncul.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>