5 Cara Pengobatan Virus Flu Babi di Rumah

Belum juga usai pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, beberapa ilmuwan di Cina mengumumkan bahwa mereka baru saja menemukan virus flu babi jenis baru, G4 EA H1N1, di mana virus tersebut dapat menular dari babi ke manusia. Bahkan disebut-sebut virus ini dapat menjadi ancaman wabah baru setelah covid-19. Benarkah begitu?

virus flu babi

Perlu Anda ketahui, flu babi (H1N1) pernah juga menja di pandemi sekitar tahun 2009-2010. Saat itu, Amerika Utara lah yang menjadi tempat pertama merebaknya virus flu babi dan kemudia menyebar ke seluruh dunia dan menginfeksi sekitar 1,4 miliar orang dan hampir 600 ribu orang meninggal.

Flu babi pun menjadi salah satu keluarga influenza pada babi yang dapat ditularkan dari babi ke manusia. Beberapa tanda Anda terinfeksi flu babi antara lain demam (tidak selalu), batuk, radang tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, mata merah dan berair, pegal-pegal, sakit kepala, kelelahan, diare hingga mual dan muntah.

Namun, jika gejala yang Anda derita tidak terlalu berat ada baiknya untuk beristirahat di rumah saja. Selain itu, Anda un dapat melakukan beberapa hal berikut yang bisa menjadi solusi untuk gejala yang diderita.

1, Bawang Putih  

Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk mengurangi gejala pada penderita flu babi. Kandungan zat Allicin dalam bawang putih mampu memberikan manfaat bagi kesehatan dan merangsang antioksidan dalam tubuh. Bawang putih pun dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang virus. Yang perlu Anda lakukan adalah menelan 2 potong bawang putih dengan air hangat pada pagi hari saat perut kosong.

2. Kemangi

Daun tulsi atau kemangi ternyata tidak hanya digunakan sebagai lalapan saja, namun daun kemangi ini memiliki kandungan yang berguna sebagai obat. Salah satunya adalah menjaga tenggorokan dan paru-paru Anda agar terhindar dari infeksi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan flu, termasuk flu babi.

3. Konsumsi Cukup Air

Flu babi dapat menyebabkan Anda muntah, diare, sering buang air kecil dan keringat berlebih. Sehingga membuat tubuh akan kehilangan air yang serius. Oleh karena itu, Anda diharuskan mengonsumsi banyak air untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi dan mengeluarkan racuun dari tubuh.

4. Ginseng

Seperti yang kita ketahui, ginseng dan ekstraknya sangat efektif dalam mengobati influenza H1N1. Bahkan tim medis pun merekomendasikan para pengidap flu babi untuk mengonsumsi teh ginseng setiap haru guna meredakan gejalanya.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasinya. Antioksidan pada kunyit pun dipercaya selama bertahun-tahun dapat mengobati pilek, flu, infeksi, dan menyembuhkan luka fisik. Nah, untuk meredakan gejala flu babi yang Anda derita, cukup ambil kunyit yang telah diolah dan mencampurnya dengan susu hangat, lakukan setiap malam. Minuman ini akan membantu Anda melawan infeksi flu babi.  Dengan melakukan beberapa pengobatan menggunakan bahan-bahan alami di atas, diharapkan virus flu babi yang Anda derita dapat segera pulih. Selain itu, jangan lupa juga untuk istirahat cukup serta mengonsumsi makan makanan yang bergizi sehingga pemulihan tubuh menjadi lebih cepat. Namun, jika flu yang Anda alami semakin buruk, disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk lebih lanjut. Sehat selalu!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>